Proses Pengolahan Kopi


Kopi akan menjalani serangkaian proses pengolahan yang panjang dari biji kopi hingga menjadi minuman kopi. Berbagai metode telah dicoba untuk menghasilkan minuman kopi terbaik, yang mana dalam hal ini proses penanaman turut berperan dalam menciptakan citarasa kopi terbaik.

1. Pemanenan dan Pemisahan Cangkang
Tanaman Kopi selalu berdaun hijau sepanjang tahun dan berbunga putih, bunga ini kemudian akan menghasilkan buah yang mirip seperti ceri terbungkus dengan cangkang. Hasil dari pembuahan dari bunga inilah yang disebut dengan biji kopi. Pemanenan biji kopi biasanya dilakukan secara manual dengan tangan. Pada tahap selanjutnya biji kopi yang telah dipanen ini akan dipisah cangkangnya. Terdapat dua metode yang umum dipakai yaitu dengan pengeringan dan penggilingan dengan mesin.

2. Penjemuran Green Bean

Pengujian pada tahap ini terus dikembangkan demi terciptanya biji kopi dengan citarasa terbaik. Penjemuran yang baik adalah penjemuran yang tertutup jauh dari polusi. Dan untuk alasnya penjemuran yang baik tidak tersentuh langung dengan tanah maupun lantai.

3. Pemanggangan (Roasting)
Dijaman modern ini dan untuk menjaga kualitas rasa, Roasting terbaik adalah mengikuti perkembangan teknologi dengan memakai mesin roasting biji kopi. Pada tahap ini dibutuhkan keahlian khusus, dari pemilihan biji kopi hingga skill untuk memanggang. Pemilihan kadar air untuk biji yang akan diroasting biasanya memiliki kadar air 12-14% kadar air dan lamanya pemanggangan memakan waktu hingga 12-20 Menit tergantung dari mesin dan banyaknya biji kopi yang diroasting.

4. Penggilingan
Pada tahap selanjutnya biji kopi yang telah dipanggang dilakukan pendinginan. Untuk menjaga kualitas rasa, ada baiknya biji kopi yang telah diroasting di simpan ditempat yang sejuk selama 3hari. Setelah disimpan biji kopi baru siap untuk digiling. Jika untuk menikmati sendiri bisa langsung disajikan minuman kopinya, dan untuk industri biji kopi siap dipasarkan.

0 komentar:

Posting Komentar